Fakta Seputar Hubungan IU dan Yeo Jin Goo



Aku memang sudah beberapa kali membahas soal ‘Manchan Couple’ disini, tapi kalau sebelumnya aku selalu menghindari yang namanya ‘shipping thingy’, maka dalam postingan kali ini akhirnya ada konten‘shipping’ juga hehehe, dan hal ini sepertinya karena begitu membekasnya kisah ‘Manchan Couple’ alias pasangan Jang Man Wol dan Goo Chan Seong yang diperankan oleh Lee Ji Eun alias IU dan Yeo Jin Goo(YJG) dalam drama ‘Hotel del Luna’, sehingga rasanya susah banget bagiku untuk move-on dari pasangan ini, apalagi jiwa shipper ini sudah terlanjur menggelora hahaha, bahkan meski sekarang mereka sudah move-on dengan proyek pekerjaan mereka masing-masing, tapi mereka berdua akan selalu jadi pasangan drama Korea favoritku, yang aku harapakan dipasangkan lagi dalam drama lain, apalagi aku ini entah kena sindrom atau apa, sehingga kalau aku sudah suka banget sama onscreen couple tertentu, maka aku pun nggak suka melihat mereka masing-masing berpasangan denganorang lain, atau mungkin kata yang lebih tepatnya adalah nggak rela hahaha, meski aku tahu kalau ini terdengar konyol, makanya aku sebenarnya nggak mau jadi shipperonscreen couple manapun, karena selain aku nggak mau mengalami kekonyolan seperti yang kubilang tadi, aku juga nggak mau mengalami kekecewaan andai nanti“kapal” tenggelam hiks hiks, hanya saja, karena aku sering masuk akun-akun shipper ‘Manchan Couple’ di medsos, yang notabene jeli banget memperhatikan gelagat mereka, aku pun jadi bertanya-tanya ada apa sebenarnya diantara mereka berdua, dan aku jadi penasaran seperti ini bukan cuma karena memperhatikan bahasa tubuh mereka, karena yang non-shipper atau yang nge-ship mereka masing-masing dengan orang lain mungkin mengatakan kalau para ‘Manchan’ shipper suka halu dan berlebihan dalam mengartikan bahasa tubuh mereka berdua, baik itu itu dalam Behind the Scene (BTS) drama ‘Hotel del Luna’ atau dalam acara-acara lain yang melibatkan mereka, tapi juga karena memang benar-benar ada faktanya, dan inilah beberapa fakta yang aku tahu, plus opiniku sendiri:

Fakta #1
Pada tanggal 1 Mei 2019, IU dan YJG sama-sama menghadiri acara Baeksang Arts Awards, karena mereka masing-masing mendapat nominasi untuk drama yang mereka bintangi sebelum drama ‘Hotel del Luna’, dimana IU mendapat nominasi untuk drama ‘My Mister’, sedangkan YJG mendapat nominasi untuk drama ‘The Crowned Clown’, dan sepanjang berlangsungnya acara, mereka hampir selalu terlihat bersama, lalu karena IU memenangkan salah satu kategori penghargaan, maka ia pun kemudian naik ke panggung untuk menerima piala, namun dalam pidato kemenangannya ia juga menyebutkan bahwa ia sedang menjalani syuting drama ‘Hotel del Luna’ bersama dengan YJG, sehingga kamera kemudian menyorot kearah YJG yang sedang berada di tempat duduknya.
Opini
Pasangan aktor dan aktris yang memperlihatkan kebersamaan dalam acara awards memang sudah biasa di Korea, meski mereka hanya onscreen couple alias bukan pasangan sungguhan di kehidupan nyata, tapi jarang banget ada onscreen couple yang secara terang-terangan mempromosikan drama terbarunya, dan juga menyebutkan dengan jelas nama pasangannya, jika salah satu dari pasangan tersebut atau keduanya kebetulan jadi pemenang dan harus menyampaikan pidatonya, sehingga apa yang dilakukan oleh IU dalam acara tersebut sepertinya diluar kebiasaan, meski mungkin IU jadi berani mempromosikan ‘Hotel del Luna’ karena drama tersebut juga akan ditayangkan oleh channel TV yang sama dengan yang menayangkan drama ‘My Mister’ dan ‘The Crowned Clown’.
(Drama ‘Hotel del Luna’ ditayangkan oleh channel tvN, dan episode perdananya mulai tayang pada tanggal 13 Juli 2019)

Fakta #2
Saat drama ‘Hotel del Luna’ masih tayang, IU membuat sebuah akun instagram khusus untuk mempromosikan drama tersebut, yaitu akun yang diberi nama fullmoon.long, dimana dia memposting sebagai karakter yang diperankannya, yaitu Jang Man Wol, dan dalam beberapa postingan di akun tersebut yang berhubungan dengan karakter yang diperankan oleh YJG, yaitu Goo Chan Seong, YJG beberapa kali membalas postingan tersebut, tapi karena dia nggak membuat akun karakter Goo Chan Seong seperti yang dilakukan oleh IU, maka dia pun selalu membalas dengan akun aslinya, lalu pada tanggal 13 Agustus 2019, dalam akun tersebut IU memposting banyak foto YJG saat berada di lokasi syuting, dimana pada hari itu bertepatan dengan hari ulang tahun YJG, dan pada hari itu IU juga memberikan kejutan sebuah kue ulang tahun untuk YJG saat mereka sedang syuting.
Opini
Sebagai strategi promosi, IU pastilah berusaha menyajikan postingan-postingan menarik dalam akun instagram fullmoon.long, dan sepertinya bermain peran dengan pemain lain, khususnya YJG, adalah salah satu cara agar postingannya lebih menarik, apalagi ia memang memposting sebagai Jang Man Wol, dan bukan sebagai dirinya di kehidupan nyata, tapi kalau hanya untuk bermain peran, kupikir aneh jika IU memposting foto-foto YJG hanya karena kebetulan hari itu adalah hari ulang tahunnya, karena jadi tercampur antara kehidupan nyata dengan pekerjaan mereka, mengingat dalam akun tersebut YJG berperan sebagai Goo Chan Seong, dan bukan sebagai dirinya di kehidupan nyata, meski dia berinteraksi menggunakan akun aslinya, lagipula IU juga sudah memberikan kue ulang tahun untuk YJG, jadi aku merasa heran aja kenapa dia masih perlu untuk “merayakannya” juga di instagram, meski mungkin tujuannya adalah agar postingannya jadi lebih menarik.

Fakta #3
Pada tanggal 4 September 2019, para pemain ‘Hotel del Luna’ berangkat liburan ke Thailand sebagai hadiah atas kesuksesan drama yang mereka bintangi, lalu IU pun memposting beberapa fotonya saat liburan di akun instagram pribadinya, dan diantara foto-foto yang dia posting tersebut, ada beberapa foto yang menunjukkan bahwa YJG ada didekatnya, meski hanya sedikit dari bagian tubuh YJG yang terlihat,dan sebenarnya dia bisa saja mengedit foto-foto tersebut agar YJG nggak kelihatan sama sekali, tapi dia nggak melakukannya.
Opini
Sebenarnya IU tinggal meng-crop saja foto-foto tersebut sebelum diposting, kalau dia memang nggak mau ada orang lain terlihat dalam fotonya, meski hanya sedikit, tapi entah kenapa foto-foto tersebut dibiarkan seperti apa adanya, sehingga orang jadi bisa melihat kalau YJG ada didekatnya.

Fakta #4
IU telah bertahun-tahun dikawal oleh beberapa orang bodyguard pribadi, khususnya yang paling dikenal adalah bodyguard yang bernama Park Kun Woo atau yang sering disapa Mr. Park, dan meski Mr. Park dkk. juga mengawal artis-artis lain selain IU, tapi karena biasanya para artis lain tersebut hanya menggunakan jasa pengawalan mereka untuk acara tertentu saja atau hanya pada saat mereka nggak sedang mengawal IU, maka publik hanya mengingat Mr. Park dkk. sebagai bodyguard IU, bahkan meski faktanya Mr. Park pernah mengawal YJG dalam acara Fan Meetingnya pada tahun 2015, yang artinya YJG sudah kenal dengan Mr. Park sebelum ia kenal dengan IU, tapi pada saat itu Mr. Park disewa hanya untuk acara tersebut, sementara sejak bermain dalam ‘Hotel del Luna’, YJG yang sebelumnya nggak pernah punya bodyguard pribadi kemudian sering dikawal oleh Mr. Park dkk. dalam berbagai kesempatan.
Opini
Sama seperti artis-artis lainnya, sebenarnya wajar kalau YJG juga dikawal oleh Mr. Park dkk., karena memang sudah tugas mereka untuk mengawal siapapun yang menyewa mereka, apalagi sebelumnya YJG juga sudah kenal dengan Mr. Park, tapi yang bikin aku bertanya-tanya apakah ini wajar atau nggak adalah para bodyguard tersebut seringkali saling bergantian dalam mengawal IU dan YJG, baik pada saat mereka berdua menjalani satu kegiatan yang sama, atau pada saat keduanya menjalani kegiatan mereka masing-masing, seakan-akan mereka berdua adalah sesama anggota dari sebuah grup idol.
(Keterangan gambar. Gambar atas: YJG dan Mr. Park dalam acara Fan Meeting YJG di tahun 2015. Gambar tengah: Mr. Park mengawal IU dan YJG di bandara saat mereka akan berangkat ke Thailand. Gambar bawah: tiga orang bodyguard IU selain Mr. Park yang juga pernah mengawal YJG)
 
 

Fakta #5
Dalam sebuah wawancara untuk mempromosikan drama ‘The Crowned Clown’, YJG menyebutkan bahwa lagu yang sering ia dengarkanpada saat itu adalah lagu berjudul ‘Me After You’ yang dinyanyikan oleh Paul Kim, sementara dalam sebuah wawancara untuk mempromosikan drama ‘Hotel del Luna’, ia menyebutkan bahwa lagu favoritnya pada saat itu adalah salah satu lagu OST ‘Hotel del Luna’ yang berjudul ‘So Long’ atau yang judul lainnya adalah ‘Annyeong’ (Hello), yang juga dinyanyikan oleh Paul Kim, dan saat IU menggelar konser hari pertamanya di Seoul pada 23 November 2019, Paul Kim tampil sebagai bintang tamu dalam konser tersebut, dimana ia menyanyikan dua buah lagu yang persis seperti yang disebutkan oleh YJG dalam kedua wawancara tersebut, dan YJG sendiri juga memang datang menonton konser tersebut.
Opini
Rasanya susah dipercaya jika tampilnya Paul Kim sebagai bintang tamu, lagu yang dinyanyikannya, serta hadirnya YJGpada hari itu cuma kebetulan, kalau bukan IU sendiri yang sudah mengaturnya, apalagi selama dua hari konsernya di Seoul, banyak selebriti Korea lain yang juga terlihat datang menonton, termasuk beberapa diantaranya adalah selebriti yang dikenal berteman dekat dengan IU, bahkan nenek dan kedua orang tua IU juga datang pada konser hari pertama, tapi bintang tamu pada hari pertama tersebut malah terlihat hanya spesial untuk YJG.

Fakta #6
Saat menonton konser IU di Seoul pada 23 November 2019, YJG duduk di section yang merupakan angka favoritnya, yaitu section 9, dan selain itu posisi duduknya juga sangat strategis, meski nggak dekat dengan panggung, dimana dia nggak cuma bisa melihat IU tampil di panggung dengan jelas, tapi juga gampang untuk keluar, karena dia duduknyadi kursi bagian ujungyang berada disamping selasar, dan pada malam itu dia memang meninggalkan ruangan konser sebelum konser berakhir dengan dikawal oleh salah satu bodyguard IU, tapi pada saat dia menuju ke mobilnya untuk pulang, dia dikawal oleh Mr. Park, yang notabene adalah bodyguard yang berbeda dengan yang mengawalnya saat keluar dari ruangan konser.
Opini
Selain bintang tamu konser dan lagu yang dinyanyikannya, posisi duduk YJG yang strategis dan berada di section angka favoritnya juga susah dipercaya kalau cuma kebetulan, lalu karena kursinya persis berada disamping selasar, maka terlihat seperti sudah terencana antara tempat duduknya yang berada di posisi yang gampang untuk keluar dengan keluarnya dia dari ruangan konser sebelum konser selesai, dan karena bodyguard yang mengawalnya keluar dari ruangan konser berbeda dengan yang mengawalnya saat menuju ke mobil, maka berarti dia nggak langsung pulang, melainkan singgah dulu ke suatu tempat, karena kalau dia langsung pulang, menurutku bodyguard yang mengawalnya dari ruangan konser akan terus bersamanya sampai dia masuk ke mobil, dan aku menduga kalau tempat yang dia singgahi adalah backstage, yang kalau dugaanku memang benar, maka jadi pertanyaaan kenapa YJG bisa masuk ke backstage, mengingat nggak sembarang orang bisa masuk kesana.
(Angka 9 menjadi angka favorit YJG karena didalam namanya sendiri memang mengandung angka 9, dimana ‘Jin-goo’ artinya adalah ‘sembilan harta karun’)
 
 

Kalau aku menyimpulkan opiniku, maka aku yakin kalau mereka berdua punya hubungan yang dekat, dalam artian nggak hanya sekadar hubungan sebagai rekan kerja, karena tanda-tandanya terlihat jelas, tapi sekali lagi itu hanya opiniku, dan tentu aku juga nggak bisa memastikan kedekatan mereka sebagai apa, apakah sebagai saudara, teman biasa, atau lebih dari teman biasa, karena belum ada pernyataan apapun dari mereka sendiri, tapi fakta-fakta diatas sudah cukup untuk membuat jiwa para shipper semakin bergejolak hahaha

Komentar